Tuesday, May 16, 2017

Bagian bunga yang paling menarik

Karakteristik Bunga


Bagian bunga yang paling menarik dan banyak diperhatikan adalah perhiasan bunga. Perhiasan bunga ini memiliki warna dan bentuk yang bermacam-macam.Terkadang, perhiasan bunga ini juga disertai dengan aroma yang harum. Fungsi utama dari perhiasan bunga adalah untuk menarik serangga/hewan lain agar mendekati bunga. Serangga ini akan membantu bunga dalam melakukan proses penyerbukan.

Hasil proses penyerbukan ini berupa terbentuknya buah dan biji yang akan mempertahankan keberadaan generasi baru tanaman tersebut.

Dalam industri bunga, bagian perhiasan bunga digunakan untuk menarik konsumen. Ketika melihat bentuk dan warna bunga yang beragam, konsumen akan tertarik, kemudian membelinya. Untuk menambah keragaman bentuk dan warnanya, saat ini banyak petani/hobiis bunga yang melakukan penyerbukan silang pada bunga. Selain itu, penyilangan juga bertujuan untuk menghasilkan varietas baru yang indah dan menarik. Umum-nya, penyilangan ini dilakukan pada jenis tanaman bunga yang keberadaan-nya di pasaran masih jarang.
Bunga Lolipop. Sebenarnya, warna merah yang menyerupai bunga merupakan kelopak daun, sedangkan bunga aslinya berukuran kecil dan berada di sela-selanya.
Bunga Lolipop. Sebenarnya, warna merah yang menyerupai bunga merupakan kelopak daun, sedangkan bunga aslinya berukuran kecil dan berada di sela-selanya.

Tidak semua yang terlihat indah itu termasuk dalam golongan bunga.


Ada beberapa jenis tanaman hias yang dikira sebagai bunga, tetapi sebenarnya adalah daun. Bunganya sendiri mempunyai bentuk yang sederhana dan tidak terlalu menarik. Contohnya adalah bunga nusa indah (Mussaenda erythropilla), lolipop (Pachystachys lutea), bugenvil (Bougainvillea spectabilis), dan brazilian plume flower (Jacobinia cornea). Meskipun tanaman-tanaman tersebut sebenarnya 'berdaun indah' tetapi masyarakat lebih mengenalnya sebagai tanaman hias bunga sehingga dalam buku ini dimasukkan ke dalam kategori tanaman hias berbunga indah.